Friday, April 30, 2010

VITAMIN-VITAMIN YANG DIPERLUKAN TUBUH

Vitamin A
Vitamin A mencegah penyakit mata, mempromosikan daya tahan tubuh yang sehat, sangat di perlukan untuk pertumbuhan dan pertumbuhan sel-sel, dan bantu kulit tetap sehat.

Sumber yang baik Vitamin A adalah susu, telor, hati, sayur-sayuran yang berwarna oranye dan hijau gelap seperti wortel, ubi, dan pumpkin), dan buah-buahan berwarna oranye seperti papaya, manga, kantelup, peach, aprikot.

Remaja pria memperlukan 900 microgram per hari. Remaja wanita memperlukan 700microgram per hari. Ada kemungkinan untuk mendapatkan terlalu banyak Vitamin A, maka harus hati-hati dengan suplemen. Jangan makan suplemen jika Anda sedang mengkonsumsi obat jerawat atau obat kulit lainnya seperti isotretinoin (seperti accutane). Obat jerawat yang di telan sebenarnya suplemen vitamin A, dan terlalu banyak mengasup vit. A akan tertumpuk di dalam tubuh mengakibatkan sakit kepala, perubahan kulit, atau bahkan sakit ginjal.







Vitamin C (also called ascorbic acid)

Vitamin C diperlukan untuk membentuk kolagen, salah satu jaringan yang membantu untuk menjaga sel-sel tetap bersama-sama. Vit. C juga sangat diperlukan untuk tulang sehat, gigi, gusi, dan pembulu darah. Ia juga membantu tubuh untuk menyerapkan zat besi dan kalsium, dan juga berkontribusi ke fungsi otak.

Anda akan temukan kadar vitamin C yang tinggi di buah-buahan seperti red berries, kiwi, paprika merah dan hijau, tomat, brokoli, bayam, jus guava, grapefruit, dan jeruk.

Remaja pria memerlukan 75mg (1miligram sama dengan 1,000 microgram) per hari dan remaja wanita memerlukan 65mg per hari.



Vitamin D

Vitamin D menguatkan tulang-tulang karena ia membantu tubuh menyerap kalsium yang membantu pertumbuhan tulang.

Vitamin ini sangat unik—tubuh Anda bisa membuatnya sendiri pada saat Anda mendapatkan cahaya matahari di atas kulit Anda. Anda juga bisa dapat Vit. D dari kuning telor, minyak ikan, dan susu fortifikasi.

Remaja pria dan wanita memperlukan 5 micrograms (200 IU) vitamin D per hari.



Vitamin E
Vitamin E adalah antioxidan and membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Ia juga penting untuk kesehatan sel darah merah.

Vitamin E bisa ditemukan di banyak makanan seperti minyak sayur, kacang-kacangan, sayur-sayuran berdaun hijau. Alpukat, benih gandum dan butir-butir gandum juga sumber yang bagus untuk Vit. E.

Remaja pria dan wanita memperlukan 15 mg vitamin E per hari.



Vitamin B12

Vitamin B12 membantu untuk membikin sel darah merah dan itu penting untuk fungsi sel syaraf.

Vitamin B12 dapat ditemukan di ikan, daging merah, daging ayam, susu, keju, telor, dan juga cereal fortifikasi.

Remaja harus mengkonsumsi 2.4 micrograms vitamin B12 per hari.



Vitamin B6

Vitamin B6 penting untuk fungsi otak dan syaraf. Ia juga membantu untuk mempecahkan protein dalam tubuh dan membuat sel darah merah.

Banyak makanan yang mengandung vitamin B6 termasuk kentang, pisang, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, daging ayam, ikan, telor, bayam, dan cereal fortifikasi.

Remaja pria memerlukan 1.3 mg vitamin B6 per hari dan remaja wanita memerlukan 1.2 mg per hari.



Thiamin (also called vitamin B1)

Thiamin membantu tubuh untuk mengkonversikan kabohidrat ke energi dan diperlukan untuk jantung, otot-otot, dan sistem syaraf berfungsi dengan baik.

Thiamin datang dari berbagai sumber makanan seperti roti fortifikasi, cereal, pasta, daging-dagingan, ikan, kacang kering, makanan berbasis kacang kedelai, butir-butiran seperti butir gandum.

Remaja lelaki memerlukan 1.2 mg thiamin per hari dan remaja wanita memerlukan 1mg thiamin per hari.



Niacin (also called vitamin B3)

Niacin membantu tubuh untuk menjadikan makanan ke energi. Ia bantu menjaga kulit tetap sehat dan ia juga penting untuk fungsi syaraf.

Anda dapat menemukan niacin di daging merah, daging ayam, ikan, cereal fortifikasi dan kacang-kacangan.

Remaja pria memerlukan 16 mg niacin per hari dan remaja wanita memerlukan 14mg niacin per hari.



Riboflavin (also called vitamin B2)

Riboflavin sangat di butuhkan untuk merubah kabohidrat ke energi dan menghasilkan sel darah merah. Ia juga penting untuk penglihatan mata.

Beberapa sumber makanan terbaik riboflavin adalah daging merah, kacang polong, kacang-kacangan, susu, keju, sayur-sayuran berdaun hijau, brokoli, dan asparagus.

Remaja pria memerlukan 1.3 mg riboflavin per hari dan remaja wanita memerlukan 1 mg riboflavin per hari.



Folate (also known as vitamin B9, folic acid, or folacin)

Folate membantu tubuh untuk membuat sel darah merah dan juga di butuhkan untuk membuat DNA.

Sumber makanan yang baik termasuk kacang polong, sayur-sayuran berdaun hijau, asparagus, jeruk, buah-buahan lain yang situs, daging ayam, dan roti, bakmi, dan cereal fortifikasi.

Remaja pria dan wanita memerlukan 400 micrograms folate per hari.

No comments:

Post a Comment