Tuesday, April 20, 2010

KOMPONEN-KOMPONEN MAKANAN

Dalam kehidupan sehari-hari, kita butuh makan. Untuk kelangsungan hidup, manusia membutuhkan makanan. Fungsi makanan bagi manusia adalah: 1. Sumber energi (tenaga) 2. Sumber bahan pembangun sel dan jaringan tubuh serta mengganti sel-sel tubuh yang rusak 3. Pengatur proses yang terjadi di dalam tubuh dan sebagai pelindung tubuh dari penya

Komponen-komponen zat makanan:
--Karbohidrat: Berguna sebagai sumber energi utama pada tubuh, menjaga keseimbangan pH tubuh, ber-peran penting dalam proses metabolisme di dalam tubuh, pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat: beras, jagung, gandum, dll
--Lemak (lipid): Berguna sebagai penghasil energi, pelarut beberapa vitamin (A, D, E, K), pelindung terhadap organ dalam tubuh, sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah, sebagai cadangan makanan, sebagai komponen sel tertentu (cth: membran sel). Contoh makanan yang mengandung lemak: daging, telur, susu (lemak hewani), kacang tanah, dan kacang kacangan yang lainnya (lemak nabati).
--Protein: Berguna sebagai zat pembangun (untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak), sebagai penghasil energi (bukan sumber energi utama), membuat substansi penting (cth: enzim dan hormon yang membantu proses metabolisme), dan menjaga keseimbangan pH tubuh.Contoh makanan yang mengandung protein: daging, telur, susu, keju (protein hewani), kacang kedelai, kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang-kacangan lainnya (protein nabati).
--Mineral: Zat kimia yang terdapat dalam bahan makanan yang diperlukan tubuh. Berfungsi sebagai zat pengatur sehingga proses metabolisme pada tubuh berjalan normal. Bila kita kekurangan mineral, maka dapat menimbulkan penyakit defisiensi mineral.
--Vitamin: Merupakan zat kimia yang terdapat dalam makanan. Berfungsi untuk pertumbuhan yang normal dan membantu metabolisme tubuh. kekurangan vitamin dapat menyebabkan penyakit defisiensi vitamin atau avitaminosis.
--Air: Air terdapat dalam jumlah besar di tubuh kita. 60-70% berat tubh kita adalah air. Fungsi air adalah sebagai pelarut reaksi kimia di tubuh kita, sebagai pelarut zat-zat sisa yang keluar dari tubuh dalam bentuk larutan, sebagai pengangkut hasil metabolisme ke seluruh tubuh, dan mempertahankan suhu tubuh.

No comments:

Post a Comment